MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA

by - Mei 12, 2020

Fungsi akal dan budi bagi manusia Dua kekayaan manusia yang paling utama adalah Muncul tuntutan hidup akal dan budi yang lebih daripada makhluk lainDengan akal budinya manusia mampu mencipta, berkarsa dan berasa Mampu mencipta benda-benda baru untuk memenuhi hajat hidupnya; Baik yang bersifat jasmani Maupun rohani

POTENSI BUDAYA CIPTA RASA KARSA. Kehendak untuk hidup sempurna,KEMAMPUAN BERPIKIR KARYA SENI / mulia dan bahagia YANG MENIMBULKAN KESENIAN yang menimbulkan ILMU PENGETAHUAN kehidupan beragama dan kesusilaan.

 “Manusia sebagai makhluk yang berbudaya tidak lain adalah makhluk yang senantiasa mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan kebahagiaan, karena yang membahagiakan hidup manusia ituhakikatnya sesuatu yang baik, benar dan adil, maka hanya manusia yang selalu berusaha menciptakan kebaikan, kebenaran dan keadilan sajalah yang berhak menyandang gelar manusia berbudaya”.
 Pengertian Budaya dan Kebudayaan

• Budaya         = Daya dari budi yang berupa cipta, karsa dan rasa.

• Kebudayaan = Hasil dari cipta, rasa dan karsa

Kebudayaan Berasal Dari Kata Sansekerta “BUDDHAYAH “ , yang merupakan bentuk jamakdari kata “BUDDHI” yang berartibudi atau akal. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan sebagai “hal-hal yangbersangkutan dengan budhi atau akal”
Culture, merupakan istilah bahasa asing yang sama artinya dengan kebudayaan, berasal dari kata latin“colere” yang berarti mengolah ataumengerjakan (Mengolah tanah ataubertani). Dari asal arti tersebut yaitu“colere” kemudian “culture” diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam.
Menurut E.B. Tylor (Primitive Culture)Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan lain kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
 Menurut R. Linton (The Cultural Background of Personality)Kebudayaan adalah konfigurasi dari tingkah laku dan hasil laku, yang unsur-unsur pembentukannya didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu.
 Menurut Melville J. HerskovitsKebudayaan adalah “ Man made part of the environment “ (bagian dari lingkungan manusia)
Menurut Dawson (Age of The Gods) Kebudayaan adalah cara hidupbersama (culture is common way of life)
Menurut J.V.H. DeryvendakKebudayaan adalah kumpulan dari cetusan jiwa manusia sebagai yangberaneka ragam berlaku dalam suatu masyarakat tertentu
Menurut Prof Dr. Koentjaraningrat “Kebudayaan adalah keseluruhan sistem, gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan cara belajar”.
Menurut Menurut Ki Hajar Dewantara“Kebudayaan adalah buah budi manusia dalam hidup bermasyarakat”
Menurut Sultan Takdir Alisyahbana Kebudayaan adalah manifestasi dari cara berfikir
Menurut Dr. Moh. Hatta Kebudayaan adalahciptaan hidup dari suatu bangsa
Menurut MangunsarkoroKebudayaan adalah segalayang bersifat hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya
Menurut Drs. Sidi GazalbaKebudayaan adalah cara berfikirdan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan suatu waktu
Menurut Selo Soemarjan dan Soelaeman Soemardi: “Kebudayaan adalahsemua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat.
 Dari uraian di atas dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
• kebudayaan itu hanya dimiliki oleh masyarakat manusia;

• kebudayaan itu tidak diturunkan secara biologis melainkan diperoleh melalui proses belajar; dan

• kebudayaan itu didapat, didukung dan diteruskan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
 Unsur-unsur Kebudayaan (Menurut Koentjaraningrat)

• Sistem religi yang meliputi:
                 – sistem kepercayaan 
                 – sistem nilai dan pandangan hidup
                 – komunikasi keagamaan 
                 – upacara keagamaan

 • Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial yang meliputi :
                 – kekerabatan
                 – asosiasi dan perkumpulan
                 – sistem kenegaraan
                 – sistem kesatuan hidup
                 – perkumpulan

• Sistem pengetahuan meliputi pengetahuan tentang :
                 – flora dan fauna
                 – waktu, ruang dan bilangan
                 – tubuh manusia dan perilaku antar sesama manusia

• Bahasa yaitu alat untuk berkomunikasi berbentuk:
                 – lisan
                 – tulisan

• Kesenian yang meliputi :
                – seni patung/pahat
                – relief
                – lukis dan gambar
                – rias
                – vokal
                – musik
                – bangunan
                – kesusastraan
                – drama

• Sistem mata pencaharian hidup atau sistem ekonomi yang meliputi :
                – berburu dan mengumpulkan makanan
                – bercocok tanam
                – peternakan
                – perikanan
                – perdagangan

• Sistem peralatan hidup atau teknologi yang meliputi :
                – produksi, distribusi, transportasi
                – peralatan komunikasi
                – peralatan konsumsi dalam bentuk wadah
                – pakaian dan perhiasan
                – tempat berlindung dan perumahan
                – senjata
Memanusiawikan manusia melalui pemahaman konsep keadilan, penderitaan, cinta kasih, tanggung jawab,pengabdian, pandangan hidup, keindahan dan kegelisahan
Manusia dan Cinta Kasih

• Cinta secara sederhana bisa dikatakan sebagai paduan rasa simpati antar dua makhluk.

• Samapai dengan sekarang ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa cinta itu tidak lebih dari sekedar perasaan menyenangkan yang untuk mengalaminya orang harus terjatuh ke dalamnya.
Sikap semacam itu pada hakikatnyaberdasar pada pendapat-pendapat berikut:

• Banyak orang melihat masalah cinta ini pertama-tama sebagai masalah dicintai dan bukan masalah mencintai

• Masalah cinta adalah masalah objek dan bukan masalah bakat

• Mencampuradukan antara pengalaman mula pertama jatuh cinta dan keadaan tetap berada dalam cinta.
Cinta mempunyai hubunganpengertian dengan kasih sayang, kemesraan (perasaan simpatiyang akrab), belas kasihan, dan aktivitas pemujaan (wujud cinta manusia pada Tuhan) .
Kasih Sayang, adalah perasaan sayang, perasaan cinta, atau perasaan suka kepada seseorang.
Berbagai bentuk kasih sayang:

• Bentuk kasih sayang dimana orang tua bersikap aktif sementara anak bersikap pasif (dampaknya anak takut, kurang berani menyatakan pendapat, minder, tidak percaya diri)

• Kasih sayang dimana orang tua bersikap pasif sementara si anak bersikap aktif.

• Bentuk kasih sayang dimana orang tua bersikap pasif sementara sianak juga bersikap pasif.
Manusia dan Keindahan

• Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek, dan sebagainya.

• Keindahan bersifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perorangan, waktu dan tempat, selera mode, kedaerahan atau lokal.

• Keindahan dalam arti luas, mengandung pengertian ide kebaikan

• Keindahan dalam arti estetik murni, menyangkut pengalaman estetik seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya.

• Keindahan dalam arti yang terbatas, keindahan hanya menyangkut benda- benda yang dapat diserap dengan penglihatan, yakni berupa keindahan bentuk dan warna.
Ciri-ciri keindahan menyangkut kualitas hakiki dari segala benda yang mengandung kesatuan (unity), keseimbangan (balance), keselarasan (harmoni), symetry, dan pertentangan(Kontras). Jadi keindahan adalah tersusun dari keselarasan dan pertentangan darigaris, warna, bentuk, nada dan kata-kata.
Manusia dan Penderitaan

• Penderitaan dari kata derita. Kata derita berasal dari kata bahasa sansakerta dhara artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dapat lahir atau bathin.

• Penderitaan penyebabnya dapat berasal dari dalam dan dari luar diri manusia.
Manusia dan Keadilan

• Keadilan adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban
• ”Wahai orang-orang yang beriman jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap diri sendiri, atau ibu- bapak dan kaum kerabatmu”
Manusia dan Pandangan Hidup

• Pandangan hidup terdiri atas cita-cita, kebajikan dan sikap hidup.

• Cita-cita, kebajikan dan sikap hidup itu tak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia.

• Kebajikan atau kebaikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakikatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama atau etika.

• Manusia berbuat baik, karena menurut kodratnya manusia itu baik, makhluk bermoral. Atas dorongan suara hatinya manusia cenderung berbuat baik.
Manusia dan Tanggung JawabTanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
Manusia dan Kegelisahan

• Kegelisahan berasal dari kata gelisah, artinya rasa yang tidak tenteram di hati atau merasa selalu khawatir, tidak dapat tenang, tidak sabar lagi, cemas dan sebagainya.

• Alasan mendasar mengapa manusia gelisah ialah karena manusia memiliki hati dan perasaan.
Perasaan cemas menurut Sigmund Freud ada tiga macam, yaitu:
• Kecemasan Obyektif, kegelisahan ini mirip dengan kegelisahan terapan, seperti anaknya yang belum pulang, orang tua yang sedang sakit keras

• Kecemasan neurotik, hal ini timbul akibat pengamatan tentang bahaya dari naluri, contohnya dalam penyesuaian diri dengan lingkungan, rasa takut yang irasional semacam fobia, rasa gugup.

• Kecemasan moral, hal ini muncul dari emosi diri sendiri seperti perasaan iri, dengki, dendam hasud, marah, rendah diri
Manusia dan HarapanHarapan berasal dari kata harap, artinya keinginan supayasesuatu terjadi. Yang mempunyai harapan atau keinginanitu hati, putus harapan berarti putus asa.Lima macam harapan:

• Harapan untuk memperoleh kelangsungan hidup

• Harapan untuk memperoleh keamanan

• Harapan untuk memiliki hak dan kewajiban untuk mencintai dan dicintai

• Harapan memperoleh status atau untuk diterima atau diakui lingkungan

• Harapan untuk memperoleh perwujudan dan cita-cita
Proses pembudayaan melalui internalisasi, sosialisasi,enkulturasi, difusi, akulturasi dan asimilasi
Perubahan kebudayaanRealita dalam masyarakat terdapat 2 kekuatan berkenaan dengan perubahan kebudayaan, yaitu konservatisme dan keinginan akan perubahan
Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan kebudayaan
1. Discovery dan invention

• Discovery dan invention adalah pangkal tolak dalam studi mengenai pertumbuhan dan perubahan kebudayaan, karena hanya dengan proses inilah unsur yang baru dapat ditambahkan kepada keseluruhan kebudayaan manusia.

• Menurut Linton, Discovery adalah setiap penambahan pada pengetahuan dan invention adalah penerapan yang baru dari pengetahuan.

• Basic invention
                – Basic invention dapat diterangkan sebagi suatu peristiwa yang meliputi pemakaian prinsip baru atau kombinasi dari prinsip baru. Basic disini mempunyai arti, bahwa ia membuka       kemungkinan akan adanya kemajuan dan menjadi dasar dari berbagai invention.
• Improving invention
                 – Artinya adalah memperbaiki penemuan yang telah ada
2. Difusi kebudayaan
• Difusi kebudayaan adalah proses penyebaran unsur kebudayaan dari satu individu ke individu lain, dan dari satu masyarakat ke masyarakat lain.

• Penyebaran dari individu ke individu lain dalam batas satu masyarakat disebut difusi intramasyarakat.

• Sedangkan penyebaran dari masyarakat ke masyarakat disebut difusi intermasyarakat.

• Difusi mengandung tiga proses yang dibeda- bedakan :
                – Proses penyajian unsur baru kepada suatu masyarakat
                 – Penerimaan unsur baru
                – Proses integrasi
                – Akulturasi
• Redfield, Linton, Herskovits : Mengemukakan bahwa akulturasi meliputi fenomena yang timbul sebagai hasil, jika kelompok
                – kelompok manusia yang mempunyai kebudayaan yang berbeda- beda bertemu dan mengadakan kontak secara langsung dan terus-menerus, yang kemudian menimbulkan         perubahan dalam pola kebudayaan yang original dari salah satu kelompok atau pada kedua-          duanya.
                Gillin dan Gillin dalam bukunya Cultural Sociologi, Mengemukakan bahwa akulturasi adalah proses dimana masyarakat yang berbeda-beda kebudayaannya menglami perubahan oleh        kontak yang lama dan langsung, tetapi dengan tidak sampai kepadapercampuran yang komplit dan bulat dari dua kebudayaan itu.

• Dr. Koentjaraningrat, mengemukakan bahwa akulturasi adalah proses yang timbul bila suatu kelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing yang berbeda sedemikian rupa , sehingga unsur kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaa sendiri, tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan sendiri.
Bentuk-bentuk kontak kebudayaan yang dapat meningbulkan proses akulturasi :
• Kontak dapat terjadi antara seluruh masyarakat, atau antar bagian-bagian saja dalam masyarakat, atau dapat pula terjadi antar individu-individu dari dua kelompok.
• Antar golongan yang bersahabat dan golongan yang bermusuhan
• Antar masyarakat yang menguasai dan masyarakat yang dikuasai
• Antar masyarakat yang sama besarnya atau antar masyarakat yang berbeda besarnya
• Antara aspek-aspek yang material dan yang non material dari kebudayaan yang sederhana dengan kebudayaan yang komplek, dan antar kebudayaan yang komplek dengan yang komplek pula.
1. Asimilasi
• Asimilasi adalah satu proses sosial yang telah lanjut dan yang ditandai oleh makin kurangnya perbedaan atara individu-individu dan anatar kelompok-kelompok, dan makin eratnya persatuan aksi, sikap dan proses mental yang berhubungan dengan dengan kepentingan dan tujuan yang sama.

• Faktor-faktor yang memudahkan asimilasi :  
                – Faktor toleransi
                – Faktor adanya kemungkinan yang sama dalam bidang ekonomi
                – Faktor adanya simpati terhadap kebudayaan yang lain.
                – Faktor perkawinan campuran

UNSUR-UNSUR KEBUDAYAANMenurut Melville J. Herskovits :
• Alat-alat teknologi

• Sistim ekonomi

• Keluarga

• Kekuasaan Politik
Menurut Bronislaw Malonowski :

• Sistim norma-norma yang memungkinkan kerjasama antara para anggota masyarakat agar menguasai alam sekelilingnya

• Organisasi ekonomi

• Alat-alat dan lembaga – lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan ; perlu diingat bahwa keluarga merupakan lembaga pendidikan yang utama

• Organisasi Kekuasaan
Menurut C. Kluckhohn dalam Universal Categories OfCulture (Ulasan pendapat para sarjana tentang unsur-unsur kebudayaan) :

• Peralatan dan perlengkapan hidup manusia (pakaian, perumahan, alat-alat rumah tangga, senjata, alat-alat produksi, transportasi dll)

• Mata pencaharian hidup dan sistim ekonomi (pertanian, peternakan, sistim produksi, sistim distribusi)

• Sistim kemasyarakatan (sistim kekerabatan, organisasi politik, sistim hukum, sistim perkawinan)

• Bahasa (lisan maupun tertulis)

• Kesenian (seni rupa, seni suara, seni gerak)

• Sistim pengetahuan

• Religi (sistim kepercayaan)
Fungsi KebudayaanMelindungi diri terhadap alam, mengatur hubungan antar manusia dan sebagai wadah dari segenap perasaan manusia
Sifat Hakekat kebudayaan

• Kebudayaan terwujud dan tersalurkan dari perikelakuan manusia

• Kebudayaan telah ada terlebih dahulu daripada lahirnya suatu generasi tertentu, dan tidak akan mati dengan habisnya usia generasi yang bersangkutan

• Kebudayaan diperlukan oleh manusia dan diwujudkan dalam tingkah lakunya

• Kebudayaan mencakup aturan-aturan yang berisikan kewajiban-kewajiban , tindakan-tindakan yang diterima dan ditolak, tindakan-tindakan yang dilarang dan tindakan-tindakan yang diizinkan
Wujud Kebudayaan
                1. Wujud gagasan
                2. Wujud perilaku (aktivitas)
                3. Wujud benda hasil budaya
Wujud Gagasan Budaya dalam wujud gagasan/ide ini bersifat abstrak dantempatnya ada dalam alam pikiran tiap warga pendukungbudaya yang bersangkutan sehingga tidak dapat dirabaatau difoto. Sistem gagasan yang telah dipelajari oleh setiap warga pendukung budaya sejak dini sangatmenentukan sifat dan cara berpikir serta tingkah lakuwarga pendukung budaya tersebut. Gagasan-gagasaninilah yang akhirnya menghasilkan berbagai hasil karyamanusia berdasarkan sistem nilai, cara berfikir dan polatingkah laku. Wujud budaya dalam bentuk sistem gagasanini biasa juga disebut sistem nilai budaya.
Wujud Perlaku (Aktivitas)Budaya dalam wujud perilaku berpolamenurut ide/gagasan yang ada. Wujud perilaku inibersifat konkrit dapat dilihat dan didokumentasikan(difoto dan difilm). Contoh: Petani sedang bekerjadi sawah, orang sedang menari dengan lemahgemulai, orang sedang berbicara dan lain-lain.Masing-masing aktivitas tersebut berada dalamsatu sistem tindakan dan tingkah laku.
Wujud Benda Hasil Budaya

• Semua benda hasil karya manusia tersebut bersifat konkrit, dapat diraba dan difoto. Kebudayaan dalam wujud konkrit ini disebut kebudayaan fisik. Contoh: bangunan-bangunan megah seperti piramida, tembok cina, menhir, alat rumah tangga seperti kapak perunggu, gerabah dan lain-lain.

www.gunadarma.ac.id

You May Also Like

0 comments