PENDIDIKAN, PERGURUAN TINGGI, PENDAPAT MAHASISWA

by - November 07, 2019

Assalamualaikum Wr Wb. Kali ini saya akan menjelaskan tentang Pengertian Pendidikan, Pengertian Perguruan Tinggi, dan Pendapat saya menjadi mahasiswa. Selamat membaca!

PENGERTIAN PENDIDIKAN

Secara umum, pengertian pendidikan adalah sebuah proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan atau hal lainnya yang diwariskan dari satu generasi ke generasi di bawahnya secara berkelanjutan. Pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa cara, seperti pengajaran, pelatihan dan juga penelitian.
Selain itu, definisi pendidikan lainnya adalah usaha sadar yang akan dilakukan secara sistematis, di mana mewujudkan suasana belajar dan mengajar agar para peserta didik akan mampu guna mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Dengan adanya pendidikan tersebut, maka seseorang bisa memiliki kecerdasan, akhlak mulia dan lainnya.

Jika diambil garis tengah, pengertian pendidikan secara umum merupakan sebuah proses pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik. Proses pembelajaran tersebut akan membuat anak didik memiliki sebuah pemahaman terhadap konsep atau sesuatu yang utuh dan membuatnya lebih kritis dalam pemikiran.

PENGERTIAN PERGURUAN TINGGI

Menurut UU No. 20 tahun 2003 pasal 19 ayat 1 :
“yang dimaksud perguruan tinggi adalah merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah mencakup program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi ”.

Selain itu perguruan tinggi juga mempunyai pengertian pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi daripada pendidikan menengah di jalur pendidikan sekolah. Perguruan Tinggi di sini adalah tingkatan universitas yang terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau profesional dalam sejumlah disiplin ilmu tertentu (H. Basir Barthos,1992:25).
Perguruan Tinggi merupakan wadah bagi masyarakat kampus. Sebagai suatu organisasi maka perguruan tinggi mempunyai (1) struktur, (2) aturan penyelesaian tugas, yang mencakup pembagian tugas antar kelompok fungsional dan antar warga dalam kelompok yang sama, (3) rencana kegiatan, dan (4) tujuan.

PENDAPAT SAYA TENTANG PERKULIAHAN ATAU MENJADI MAHASISWA

Saya pikir awalnya sangat menyenangkan bisa menjadi mahasiswa, setelah berjalan perkuliahan selama satu bulan, saya merasa kelelahan karena tugas yang begitu banyak dan deadline yang mepet, menurut saya berkuliah itu harus dijalani dengan ikhlas, kalau selalu merasa terbebani akan terus terbayang akan tugas, deadline dan lain lain. Pendapat saya adalah jalani perkuliahan dengan mengikuti arus yang baik, jangan sampai hanya lulus dengan hanya gelar yang ada tetapi harus ada skill juga. Sekian dari saya, wassalamualaikum Wr. Wb.

www.gunadarma.ac.id

You May Also Like

0 comments